Saturday, December 22, 2012

Puisi Aku Belajar Untuk Tidak Percaya


AKU BELAJAR UNTUK TIDAK PERCAYA
Odi Shalahuddin

bila dirimu sendiri yang telah mengajarkan ketidakpercayaan

ketika tanah direlakan, dengan rasa bangga sebagai warga
mengabdi kepada negara, menyumbangkan apa yang dipunya
berdirilah pabrik-pabrik milik para pengusaha
dan orang-orang dari jauh menjadi pekerjanya
warga, khususnya para pemuda, hanya bisa melongo saja

ketika semakin tersingkir, masuk ke dalam hingga benar-benar buntu
tak bisa mundur, sedangkan kebutuhan terus memburu
pergilah ke kota-kota membawa berbagai jutaan harapan baru
tapi nyatanya melamar kerja tertolak melulu
sampai kesal rasanya ingin melempari batu

bagaimana mungkin percaya
bila dirimu sendiri yang telah mengajarkan ketidakpercayaan

ketika rejim otoriter terjatuh, membangun semangat perubahan
waktu yang berlalu akhirnya goreskan kekecewaan
Ketika orang-orang berada pada lingkaran dan puncak kekuasaan
menunjukkan watak aslinya merebut dan mempertahankan
mengatas-namakan kepentingan bersama, tapi hanya sekedar ocehan
Lantaran perubahan sama sekali tak hiraukan gema seruan
dari rakyat yang masih terus bergulat dengan kemiskinan
sedang mainan kata-kata terungkap pula sebagai bualan

bagaimana mungkin percaya
bila dirimu sendiri yang telah mengajarkan ketidakpercayaan

Yogya. 19.01.11
http://odishalahuddin.wordpress.com


Anda sedang membaca kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Aku Belajar Untuk Tidak Percaya dan anda bisa menemukan kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Aku Belajar Untuk Tidak Percaya ini dengan url http://kumpulankaryapuisi.blogspot.com/2012/12/puisi-aku-belajar-untuk-tidak-percaya.html,anda juga bisa meng-click kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Aku Belajar Untuk Tidak Percaya Tetapi dilarang merubah isi maupun mengganti nama penyair/pengarang nya karena bertentangan dengan HAKI, semoga anda ter-inspirasi dengan karya Puisi Aku Belajar Untuk Tidak Percaya salam Karya Puisi

0 komentar:

Post a Comment

 

kumpulan karya Puisi | Copyright 2010 - 2016 Kumpulan Karya Puisi |