Monday, February 17, 2014

Puisi Kitaran Persilangan | Mardi Luhung


Kitaran Persilangan
Mardi Luhung

Ayahku berwarna putih, ibuku berwarna hitam
lalu aku apa? Sebutlah, dan cari dalam jisim
yang mengudar warna dan nasib kulit abu-abuku

jika berdoa, apakah aku akan mengutuk atau memuja?
percaya pada bumi atau justru menginjaknya?
ya, dengan sepedaku-yang-mengerikan, aku kitari
kampungku

dan kampungku pun tak pernah menunduk
paling-paling cuma melompat dan mengangkang, yang
persis di atasku: “Apa ia mau memberkati?”

baiklah, seekor ular mendesis, kilat matanya
menusuk pada debu, pada abu, pada aku, dan pada
sepedaku-yang-mengerikan. Sampai kemudian,

aku lihat rumah-rumah dan pohon-pohonku pun
berangkat sambil mengusung sekian perutnya yang
menganga yang tak lepas untuk menyengau:

“Selain kemurnian, tak ada yang boleh tiba, dan selain
yang tiba, mari dicari yang telah bercecampur,” Sebab
telah sekian waktu, tak ada yang bisa menyangka:

“Siapa yang lebih dulu: pewarna ataukah yang
diwarnai?” dan di luar ini semua, kulit abu-abuku pun
berkelupasan, untuk kemudian beterbangan dalam

lingkaran yang menggasing, seperti gasingan setiap
aku kayuh sepedaku-yang-mengerikan, aku kayuh
ke arah-arah yang bertaburan di siang-siang bolong

ohoi, setiap aku jentik tuter karat itu
ada kiriman rambut, darah dan lendir di antara
sadel, ban dan pedal pada goresan yang miring…

Gresik, 2005

Anda sedang membaca kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Kitaran Persilangan | Mardi Luhung dan anda bisa menemukan kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Kitaran Persilangan | Mardi Luhung ini dengan url http://kumpulankaryapuisi.blogspot.com/2014/02/puisi-kitaran-persilangan-mardi-luhung.html,anda juga bisa meng-click kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Kitaran Persilangan | Mardi Luhung Tetapi dilarang merubah isi maupun mengganti nama penyair/pengarang nya karena bertentangan dengan HAKI, semoga anda ter-inspirasi dengan karya Puisi Kitaran Persilangan | Mardi Luhung salam Karya Puisi

0 komentar:

Post a Comment

 

kumpulan karya Puisi | Copyright 2010 - 2016 Kumpulan Karya Puisi |