Friday, January 10, 2014

Puisi Potret Diri | Dedet Setiadi


Potret Diri
Dedet Setiadi

Inilah aku
Lahir dari kawah masa lalu di daratan miring
Sebelum tumbuh biji-biji salak pondoh

Matahari tak selamanya sengat
Untuk kemarau awal musim tanam tembakau

Aku lebih suka langit yang terbakar
Lebih suka minta hujan bersama para hewan
Ketimbang menjadi tadah hujan buatan

Aku suka sawah. Benci hama tikus, wereng, dan barisan kera
Tapi tak sanggup menolak apalagi mengutuknya
Sebab aku dan para tetangga selalu belajar sbagai hamba

Selamatan adalah bahasa hari. Mengepungaminkan tumpeng
Adalah caraku menampik bencana
Adalah puisiku memuja semesta

Aku tak mengidap sakit ketinggian
Pagi sore manjat pohon kelapa, ngobong kayu menyulap nira
Menjadi gula jawa
Merebus hidup bersama modin dan sesepuh desa

Bajak lembu adalah alat tulisku. Mengaduk rumus humus dan anti pestisida
Mencampur air kencing kambing dengan daunnan kering
Tanagpun jadi subur tak ada hingga

Suka piara kerbau tapi tak berarti sealur pikir dengan otak kerbau

Magelang, 2012

Anda sedang membaca kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Potret Diri | Dedet Setiadi dan anda bisa menemukan kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Potret Diri | Dedet Setiadi ini dengan url http://kumpulankaryapuisi.blogspot.com/2014/01/potret-diri-dedet-setiadi-inilah-aku.html,anda juga bisa meng-click kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Puisi Potret Diri | Dedet Setiadi Tetapi dilarang merubah isi maupun mengganti nama penyair/pengarang nya karena bertentangan dengan HAKI, semoga anda ter-inspirasi dengan karya Puisi Potret Diri | Dedet Setiadi salam Karya Puisi

0 komentar:

Post a Comment

 

kumpulan karya Puisi | Copyright 2010 - 2016 Kumpulan Karya Puisi |